Rss Feed

SM*SH indo VS SMASH korean

Ada lagi perbincangan hangat masalah PLAGIAT dalam seni musik di Indonesia.. huuuuuaaaaaa....masalah kayak gini bisa dibilang masalah yang agak sensitif karna penilaiannya cuma berdasarkan subjektif. Kali ini , aku sedikit mau nge review, yang menurut sebagian bangsa Indonesia menilai hal ini sebagai PLAGIAT..

Dimulai dari kemunculan, Mosquito band yang katanya menjiplak TVXQ. Bukan hanya dari segi berpakaian para personilnya, tapi juga gaya musiknya. Dan ada juga, seperti dalam media promosi (gambar hasil pemotretan) untuk TVXQ, yang gak tau, tapi sepertinya di edit, dan diganti gambar dari bagian ujung rambut sampai leher, dengan wajah para personil Mosquito band..huuuuaaaahhhhh...T0T..
Agak sedikit miris melihat kelakuan anak bangsa, yang menjiplak karya orang luar..gak tau demi popularitas ataupun yang lain..tapi penilaian semua bergantung pada masing2 orang..


Beralih dari Mosquito band yang katanya menjiplak TVXQ, kini di industri musik Indonesia, juga hadir penerus Mosquito band, SM*SH versi Indonesia...huuuuuuuuuaaaahhhhhh... *ada lagiii???
Kalo boyband beranggotakan 6 orang ini, bukan sekedar meniru gaya berpakaian plus model rambutnya, tapi juga koreografi, dan nama boybandnya pun mengikuti boyband asal korea yang sudah lebih dulu show off di korea....

aiigggoo~~~
lebih parah lagi..

saat itu, gue gak sengaja liat di infotainment, lagi mewawancarai plus meliput mereka latihan..**whaattt theeee.....betapa terkejutnya saya....mirip abissss...
berikut ini contoh kemiripan *atau keplagiatan, yak..??, yang berhasil saya temukan..

check this~

*ini contoh jiplakan dalam hasil foto yang di edit mereka
kanan: smash indo ama smash korea
kiri: mosquito sama TVXQ

*kalo yang ini, SMASH asli korea



* ini SM*SH versi indonesia


Buat gue sendiri, sebagai anak2 fandom....haalllllaaahh..maksudnya yang suka banget boyband2 korea sejenis SUJU, SHINEE, FT ISLAND, dll, atau boyband jejepunan kayak HEY! SAY! JUMP dan JE, menaggapi kondisi yang begini, gue pribadi sih biasa aja, kalo pun mereka mau show off kayak gitu, ya udah..biarkan saja..penilaian toh sekarang ada di tangan penonton, kalo emang penonton gak suka, waktu juga yang akan nunjukin eksistensi mereka, mereka pasti tenggelam..tapi kalo bisa diterima, yah...itu keuntungan mereka..biarin aja..yang "dicontek" aja biasa aja, kan....


satu lagi, kalo mereka statment bahwa kesamaan mereka dengan boyband2 asli dari negeri korea ini merupakan efek dari inspirasi, itu SALAH BESAR..
harus bisa membedakan antara terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti (plagiat/meniru sepenuhnya) ....


TERINSPIRASI BUKAN BERARTI HARUS SAMA PERCIS..

TERINSPIRASI CUMA MEMBUAT KITA TERMOTIVASI
UNTUK BUAT IDE2 KREATIF..
DAN
TERINSPIRASI HASILNYA GAK AKAN SAMA..

dan
memang kelemahan dari Seni adalah
banyak orrang yang menyalahartikan
kata "terinspirasi"
yang kenyataannya
tindakan mereka udah masuk
dalam kadar
"termotivasi untuk meniru sepenuhnya"
atau
PLAGIAT






0 comments:

Post a Comment